tag:blogger.com,1999:blog-83665035021336006682024-03-08T09:27:36.125-08:00PendidikanEry Pransiskahttp://www.blogger.com/profile/03117235301032898909noreply@blogger.comBlogger3125tag:blogger.com,1999:blog-8366503502133600668.post-26047572506791433942012-04-16T22:01:00.000-07:002012-04-16T22:01:29.581-07:00Pendidikan Akhlak<div style="color: purple; text-align: left;"><b>a. Pengertian pendidikan Akhlak </b></div><div style="color: purple; text-align: left;"><b>Pendidikan akhlak adalah usaha sadar dan tidak sadar yang dilakukan oleh seorang pendidik untuk membentuk tabiat yang baik pada seoran anak didik, sehingga terbentuk manusia yang taat kepada Allah. Pembentukan tabiat ini dilakukan oleh pendidik secara kontinue dengan tidak ada paksaan dari pihak manapun.</b></div><div style="color: purple; text-align: left;"><b><br />
</b></div><div style="color: purple; text-align: left;"><b>b. Ruang lingkup pendidikan akhlak</b></div><div style="color: purple; text-align: left;"><b>ruang lingkup pembahasan ilmu akhlak adalah membahas tentang perbuatan-perbuatan manusia, kemudian menetapkannya apakah perbuatan tersebut tergolong perbuatan yang baik atau perbuatan yang buruk. Ilmu<br />
akhlak juga dapat disebut sebagai ilmu yang berisi pembahasan dalam upaya mengenal tingkah laku manusia, kemudian memberikan nilai atau hukum kepada perbuatan tersebut, yaitu apakah perbuatan tersebut tergolong kepada perbuatan baik atau buruk.</b></div><div style="color: purple; text-align: left;"><b><br />
</b></div><div style="color: purple; text-align: left;"><b>c. Dasar pendidikan Akhlak </b></div><div style="color: purple; text-align: left;"><b>Islam merupakan agama yang sempurna, sehingga setiap ajaran yang ada dalam Islam memiliki dasar pemikiran, begitu pula dengan pendidikan akhlak. Adapun yang menjadi dasar pendidikan akhlak adalah al-Qur'an dan al-Hadits, dengan kata lain dasar-dasar yang lain senantiasa dikembalikan kepada al-Qur'an<br />
dan al-Hadits.</b></div><div style="color: purple; text-align: left;"><b><br />
</b></div><div style="color: purple; text-align: left;"><b>d. Tujuan pendidikan akhlak</b></div><div style="color: purple; text-align: left;"><b>Tujuan sebenarnya dari pendidikan akhlak adalah agar manusia menjadi baik dan terbiasa kepada yang baik tersebut. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tujuan pendidikan dan latihan yang dapat melahirkan tingkah laku sebagai suatu tabiat ialah agar perbuatan yang timbul dari akhlak baik tadi dirasakan sebagai suatu kenikmatan bagi yang melakukannya. Menurut Said Agil tujuan pendidikan adalah membentuk manusia yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, maju dan mandiri sehingga memiliki ketahanan rohaniah yang tinggi serta mampu beradaptasi dengan dinamika perkembangan masyarakat.</b></div>Ery Pransiskahttp://www.blogger.com/profile/03117235301032898909noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-8366503502133600668.post-35330586664328998502012-04-16T20:50:00.002-07:002012-04-16T20:50:49.606-07:00Komponen Pendidikan<div class="MsoListParagraph" style="color: #a64d79; margin-left: 27pt; text-align: justify; text-indent: -27pt;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 14.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA; mso-bidi-font-size: 12.0pt;"><span style="mso-list: Ignore;">A.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">TUJUAN </span></b></div><div class="MsoNormal" style="color: #a64d79; margin-left: 27pt; text-align: justify; text-indent: 27pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">Tujuan pendidikan merupakn suatu hal yang ingin di capai oleh kegiatan pendidikan. Tujuan pendidikan terbagi beberapa jenis, yaitu tujuan nasional, intistusional, kurikuler, dan intruksional.tujuan nasional adalah tujuan yang ingai di capai oleh bangsa, intitusional ialah tujuan yang ingin dicapai oleh lembanga pendidikan, kurikuler ialah tujuan yang ingin dicapai oleh suatu mata pelajaran, intruksional ialah tujuan yang ingi dicapai oleh suatu pokok atau sub-pokok bahasan tertentu.</span></div><div class="MsoNormal" style="color: #a64d79; margin-left: 27pt; text-align: justify; text-indent: 27pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">Imam barnadib membedakan enam tujuan pendidikan dengan merangkum pendapat langerveld yaitu: </span></div><div class="MsoListParagraphCxSpFirst" style="color: #a64d79; margin-left: 49.5pt; text-align: justify; text-indent: -22.5pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;"><span style="mso-list: Ignore;">1)<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">Tujuan umum, (di akhir proses pendidikan)</span></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="color: #a64d79; margin-left: 49.5pt; text-align: justify; text-indent: -22.5pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;"><span style="mso-list: Ignore;">2)<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">Tujuan khusus (atas dasar usia, sifat, bakat dsb)</span></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="color: #a64d79; margin-left: 49.5pt; text-align: justify; text-indent: -22.5pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;"><span style="mso-list: Ignore;">3)<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">Tujuan tidak lengkap (aspek manusia, misalnya aspek psikologis dsb)</span></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="color: #a64d79; margin-left: 49.5pt; text-align: justify; text-indent: -22.5pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;"><span style="mso-list: Ignore;">4)<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">Tujuan semantara (bersifat semantara)</span></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="color: #a64d79; margin-left: 49.5pt; text-align: justify; text-indent: -22.5pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;"><span style="mso-list: Ignore;">5)<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">Tujuan intermediet (perantara tujuan pokok)</span></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="color: #a64d79; margin-left: 49.5pt; text-align: justify; text-indent: -22.5pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;"><span style="mso-list: Ignore;">6)<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">Tujuan insidental (pada saat tertentu)</span></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="color: #a64d79; margin-left: 49.5pt; text-align: justify; text-indent: -22.5pt;"><br />
</div><div class="MsoListParagraphCxSpLast" style="color: #a64d79; margin-left: 27pt; text-align: justify; text-indent: -27pt;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 14.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;"><span style="mso-list: Ignore;">B.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 14.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">Perserta didik</span></b></div><div class="MsoNormal" style="color: #a64d79; margin-left: 27pt; text-align: justify; text-indent: 27pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">Perseta didik adalah anggota masyrakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembeljaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu. Perserta didik dapat di didik kerena mereka mempunyai bakat dan disposisi-disposisi yang memungkinkan untuk diberi pendidikan, di antaranya: </span></div><div class="MsoListParagraphCxSpFirst" style="color: #a64d79; margin-left: 49.5pt; text-align: justify; text-indent: -22.5pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">1) Tubuh anak selalu berkambang, </span></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="color: #a64d79; margin-left: 49.5pt; text-align: justify; text-indent: -22.5pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">2) Dilahirkan tidak berdaya, </span></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="color: #a64d79; margin-left: 49.5pt; text-align: justify; text-indent: -22.5pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">3) Membutuhkan pertolongan dan perlindungan, </span></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="color: #a64d79; margin-left: 49.5pt; text-align: justify; text-indent: -22.5pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">4) Mempunyai daya ekplorasi, </span></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="color: #a64d79; margin-left: 49.5pt; text-align: justify; text-indent: -22.5pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">5) Mempunyai doronagn untuk mencapai emansipasi dengan orang lain. </span></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="color: #a64d79; text-align: justify; text-indent: 0.5in;"><br />
</div><div class="MsoListParagraphCxSpLast" style="color: #a64d79; margin-left: 27pt; text-align: justify; text-indent: -27pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 14.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA; mso-bidi-font-size: 12.0pt;"><span style="mso-list: Ignore;">C.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 14.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">Pendidik</span></b><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;"></span></div><div class="MsoNormal" style="color: #a64d79; margin-left: 27pt; text-align: justify; text-indent: 27pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;"><span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Pendidik adalah orang yang dengan segaja memengarui orang lain untuk mencapai tinggkat yang kemanusia yang lebih tinggi. Dengan kata lain orang yang dewasa yang mampu membawa perserta didik kearah kedewasaan. Sedangkan secara akademis, pendidik adalah tenaga kependidikan yakni anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangat pada lembaga tertentu yang berkualitas, seperti pendidik, dosen, tutor, fasilitator, instruktur, dan sebutan lain yang sesuai dengan khususunya.</span></div><div class="MsoListParagraph" style="color: #a64d79; margin-left: 27pt; text-indent: -27pt;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 14.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;"><span style="mso-list: Ignore;">D.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 14.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">Alat</span></b></div><div class="MsoNormal" style="color: #a64d79; margin-left: 27pt; text-align: justify; text-indent: 27pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">Alat pendidikan adalah hal yang tidak membuat kondisi-kondisi yang memungkinkan terlaksananya pekerjaan mendidik, tetapi juga membantu mencapai tujuan pendidikan. Abu ahmadi membedakan alat pendidikan kedalam beberapa katagori:</span></div><div class="MsoListParagraphCxSpFirst" style="color: #a64d79; margin: 0in 40.5pt 10pt 45pt; text-align: justify; text-indent: -0.25in;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;"><span style="mso-list: Ignore;">1)<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">Alat pendidikan positif dan negatif, (mengerjakan sesuatu yang baik dan buruk)</span></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="color: #a64d79; margin: 0in 40.5pt 10pt 45pt; text-align: justify; text-indent: -0.25in;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;"><span style="mso-list: Ignore;">2)<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">Alat pendidikan preventif dan korektif, preventif ialah alat untuk mencegah sesuatu yang tidak baik, dan korektif ialah alat untuk memperbaiki kesalahan (hukuman)</span></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="color: #a64d79; margin: 0in 40.5pt 10pt 45pt; text-align: justify; text-indent: -0.25in;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;"><span style="mso-list: Ignore;">3)<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">Alat pendidikan yang menyenagkan dan tidak menyenangkan.</span></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="color: #a64d79; margin-left: 0.75in;"><br />
</div><div class="MsoListParagraphCxSpLast" style="color: #a64d79; margin-left: 27pt; text-indent: -27pt;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 14.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;"><span style="mso-list: Ignore;">E.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 14.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">Lingkungan / milieu</span></b></div><div class="MsoNormal" style="color: #a64d79; margin-left: 27pt; text-align: justify; text-indent: 27pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;"><span style="mso-tab-count: 1;"> </span>Lungkungan pendidikan adalah lingkunagnyang melingkupi terjadinya proses pendidikan. Meliputi lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. </span><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 14.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;"></span></b></div><div class="MsoListParagraphCxSpFirst" style="color: #a64d79; margin-left: 0.75in; text-align: justify; text-indent: -27pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;"><span style="mso-list: Ignore;">1)<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">Linkungan keluarga</span></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="color: #a64d79; margin-left: 0.75in; text-align: justify;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">Keluarga merupakan lingkungan yang pertama dan utama. Kerena keluarga memiliki pengaruh yang kuat terhadap perkembangan kepribadian anak yang berada ditengah-tengah kehidupan keluarga.</span></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="color: #a64d79; margin-left: 0.75in; text-align: justify; text-indent: -27pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;"><span style="mso-list: Ignore;">2)<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">Lingkungan sekolah </span></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="color: #a64d79; margin-left: 0.75in; text-align: justify;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">Sekolah adalah lembaga pendidikan yang secara resmi menyelenggarakan kegiatan pembelajaran secara sistematis, berencana, sengaja dan terarah. </span></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="color: #a64d79; margin-left: 0.75in; text-align: justify; text-indent: -27pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;"><span style="mso-list: Ignore;">3)<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">Lingkungan masyarakat</span></div><div class="MsoListParagraphCxSpLast" style="color: #a64d79; margin-left: 0.75in; text-align: justify;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: EN-CA;">Masyarakat adalah sekumpulan manusia yang bertempat tinggal dalam suatu kawasan dan saling berintterasi dengan sesama untuk mencapai tujuan</span></div>Ery Pransiskahttp://www.blogger.com/profile/03117235301032898909noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-8366503502133600668.post-54268310480168441672012-04-15T23:24:00.001-07:002012-04-16T20:55:07.376-07:00Pengertian Pendidikan <b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 14pt; line-height: 115%;">A.<span style="font: 7pt "Times New Roman";"> </span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 14pt; line-height: 115%;">Pengertian Pendidikan</span></b><br />
<div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 27.0pt; tab-stops: 27.0pt 45.0pt; text-align: justify; text-indent: .5in;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 150%;">Banyak pendapat yang berlainan tentang pendidikan. Walaupun demikian, pendidikan berjalan terus tanpa menunggu keseragaman arti. Menurut Driyakarya inti pendidikan adalah pemanusian atau pengembangan manusia muda ke taraf insani. Sedangkan Ki Hajar Dewantara menyatakan bahwa pendidikan merupakan tuntutan bagi pertumbuhan anak-anak.</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 27.0pt; tab-stops: 27.0pt 45.0pt; text-align: justify; text-indent: .5in;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 150%;">Berdasarkn pengertian tentang pendidikan dapat di rumuskan bahwa pendidikan bisa di artikan yaitu, pendidikan mengandung pembinaan kepribadian, pengembangan kemampuan, atau potensi yang perlu di kembangkan dari yang belum tahu menjadi tahu. </span></div><div class="MsoListParagraph" style="margin-left: 27.0pt; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo1; tab-stops: 67.5pt; text-indent: -27.0pt;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 14pt; line-height: 115%;">B.<span style="font: 7pt "Times New Roman";"> </span></span></b><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 14pt; line-height: 115%;">Ilmu Pendidikan Sebagai Disiplin Ilmu</span></b></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 27.0pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; tab-stops: .5in; text-align: justify; text-indent: .5in;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 150%;">Menurut Imam Barnadib ilmu pendidikan adalah ilmu yang membicarakan masalah-masalah pendidikan secara menyeluruh dan abstrak. Pendidikan memiliki corak praktis dan teoritis. Bercorak praktis maksudnya bagaimana pendidikan harus di laksanakan, sedangkan teoritis maksudnya bersifat normatif atau menunjukan standard nilai tertentu.</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-left: 27.0pt; tab-stops: .5in; text-align: justify; text-indent: .5in;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 150%;">Dapat disimpulkan bahwa ilmu pendidikan membahas fenomena dalam persfektif luas dan intergratif. Perrsfektktif luas artinya upaya memanusiakan manusia menjadi manusia yang sebenar-benarnya, integratif pendidikan dikaji secara historis, sosialisasi, psikologis, dan filosofis. </span></div><div class="MsoListParagraphCxSpFirst" style="line-height: 150%; margin-left: .75in; mso-add-space: auto; mso-list: l3 level1 lfo2; tab-stops: 67.5pt; text-indent: -27.0pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 150%;">1.<span style="font: 7pt "Times New Roman";"> </span></span><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 150%;">Ilmu pendidikan sebagai ilmu normatif. </span></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="line-height: 150%; margin-left: 27.0pt; mso-add-space: auto; tab-stops: 67.5pt; text-align: justify; text-indent: 27.0pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 150%;">Ilmu pendidikan diarahkan kepada perbuatan mendidik yang punya tujuan, dan tujuan ditentukan oleh nilai yang dijunjung tinggi oleh seseorang. Sedang nilai itu sendiri merupakan ukuran yang bersifat normatif, sehingga dapat di tegaskan ilmu pendidikan adalah ilmu yang bersifat normatif. </span></div><div class="MsoListParagraphCxSpLast" style="line-height: 150%; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: .75in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l3 level1 lfo2; tab-stops: .75in; text-indent: -27.0pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 150%;">2.<span style="font: 7pt "Times New Roman";"> </span></span><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 150%;">Ilmu pendidikan sebagai ilmu teoritis dan praktis</span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 27.0pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; tab-stops: 67.5pt; text-align: justify; text-indent: 27.0pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 150%;">Pada umumnya ilmu pendidikan tidak hanya mencari pengetahuan deskritif tentang suatu obyek, melainkan suatu kajian yang harus di telusuri sehingga bermanfaabagi perserta didik. Maka di perlukan teori (ilmu teoretis) bisa menjadikan landasan mencari kebenaran melalui praktik (ilmu peraktis) sehingga hasil yang didapat merupakan kajian yang sistematis, terarah dan empirik. </span></div><div class="MsoNormal" style="margin-left: 27.0pt; tab-stops: 67.5pt; text-indent: 27.0pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;">Dalam epistimologi suatu kawasan studi dapat dikategorikan sebagai disiplin ilmu jika memenuhi syarat berikut: </span></div><div class="MsoListParagraphCxSpFirst" style="margin-left: .75in; mso-add-space: auto; mso-list: l1 level1 lfo3; tab-stops: 67.5pt; text-align: justify; text-indent: -.25in;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;">a.<span style="font: 7pt "Times New Roman";"> </span></span><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;">Memiliki obyek material dan obyek formal.</span></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-left: .75in; mso-add-space: auto; tab-stops: 67.5pt; text-align: justify;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;">Obyek material ilmu pendidikan berupa perilaku manusia. Sedangkan obyek formal ilmu pendidikan adalah berupa penelaahan fenomena pendidikan dalam perspektif yang luas dan integratif. </span></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-left: .75in; mso-add-space: auto; mso-list: l1 level1 lfo3; tab-stops: 67.5pt; text-align: justify; text-indent: -.25in;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;">b.<span style="font: 7pt "Times New Roman";"> </span></span><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;">Memiliki sistematika </span></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-left: .75in; mso-add-space: auto; tab-stops: 67.5pt; text-align: justify;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;">Dalam ilmu pendidikan dapat dibedakan kedalam tiga tinjauan, yaitu: 1) pendidikan sebagai fenomena manusiawi, yaitu ketika terjadi interaksi antar komponen (tujuan, perserta didik, pendidik, alat dan lingkungan), 2) pendidikan sebagi upaya sadar (mengembangkan kepribadian dan kmampuan manusia, 3) pendidikan sebagai gejala manusiawi dan upaya sadar untuk mengantisifasi perkembangan social budaya masa depan. </span></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: .75in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l1 level1 lfo3; tab-stops: 67.5pt; text-align: justify; text-indent: -.25in;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;">c.<span style="font: 7pt "Times New Roman";"> </span></span><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;">Memiliki metode menurut soedomo metode yang dipakai dalam ilmu pendidikan meliputi: 1) normatif, 2) Eksplanatori, 3) Teknologis, 4) deskriftif-fenomenologis, 5) Hermeneutis, dan 6) Analisis Kritis.</span></div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-left: .75in; mso-add-space: auto; tab-stops: 67.5pt;"><br />
</div><div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 27.0pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo1; tab-stops: 67.5pt; text-indent: -27.0pt;"><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 14pt; line-height: 115%;">C.<span style="font: 7pt "Times New Roman";"> </span></span></b><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> </span><b style="mso-bidi-font-weight: normal;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 14pt; line-height: 115%;">Dasar, Fungsi, Dan Tujuan Pendidikan Nasional</span></b></div><div class="MsoListParagraphCxSpLast" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: .75in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l2 level1 lfo4; tab-stops: 67.5pt; text-indent: -22.5pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;">1)<span style="font: 7pt "Times New Roman";"> </span></span><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;">Dasar </span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 31.5pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; tab-stops: 67.5pt; text-align: justify; text-indent: 22.5pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 150%;">Dalam UUD RI No. 20 Tahun 2003 tantang sistam Pendidikan Nasional tercantum bahwa Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. </span></div><div class="MsoListParagraph" style="line-height: 150%; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: .75in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l2 level1 lfo4; tab-stops: 67.5pt; text-indent: -22.5pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 150%;">2)<span style="font: 7pt "Times New Roman";"> </span></span><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 150%;">Fungsi </span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 31.5pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; tab-stops: 63.0pt; text-align: justify; text-indent: 22.5pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 150%;">Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermatabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.</span></div><div class="MsoListParagraph" style="line-height: 150%; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: .75in; margin-right: 0in; margin-top: 0in; mso-add-space: auto; mso-list: l2 level1 lfo4; tab-stops: 63.0pt; text-indent: -22.5pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 150%;">3)<span style="font: 7pt "Times New Roman";"> </span></span><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 150%;">Tujuan </span></div><div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0in; margin-left: 31.5pt; margin-right: 0in; margin-top: 0in; tab-stops: 63.0pt; text-align: justify; text-indent: 22.5pt;"><span lang="EN-CA" style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 150%;">Pendidikan nasional bertujuan mengembangkan potensi perserta didik agar menjadi manusi yang beriman dan bertaqwa kepada tuna yang maha esa, berakhlak mulia, sehat berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. </span></div>Ery Pransiskahttp://www.blogger.com/profile/03117235301032898909noreply@blogger.com0