Senin, 16 April 2012

Komponen Pendidikan

A.         TUJUAN
Tujuan pendidikan merupakn suatu hal yang ingin di capai oleh kegiatan pendidikan. Tujuan pendidikan terbagi beberapa jenis, yaitu tujuan nasional, intistusional, kurikuler, dan intruksional.tujuan nasional adalah tujuan yang ingai di capai oleh bangsa, intitusional ialah tujuan yang ingin dicapai oleh lembanga pendidikan, kurikuler ialah tujuan yang ingin dicapai oleh suatu mata pelajaran, intruksional ialah tujuan yang ingi dicapai oleh suatu pokok atau sub-pokok bahasan tertentu.
Imam barnadib membedakan enam tujuan pendidikan dengan merangkum pendapat langerveld yaitu:
1)         Tujuan umum, (di akhir proses pendidikan)
2)         Tujuan khusus (atas dasar usia, sifat, bakat dsb)
3)         Tujuan tidak lengkap (aspek manusia, misalnya aspek psikologis dsb)
4)         Tujuan semantara (bersifat semantara)
5)         Tujuan intermediet (perantara tujuan pokok)
6)         Tujuan insidental (pada saat tertentu)

B.         Perserta didik
Perseta didik adalah anggota masyrakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembeljaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu. Perserta didik dapat di didik kerena mereka mempunyai bakat dan disposisi-disposisi yang memungkinkan untuk diberi pendidikan, di antaranya:
1) Tubuh anak selalu berkambang,
2) Dilahirkan tidak berdaya,
3) Membutuhkan pertolongan dan perlindungan,
4) Mempunyai daya ekplorasi,
5) Mempunyai doronagn untuk mencapai emansipasi dengan orang lain.

C.         Pendidik
Pendidik adalah orang yang dengan segaja memengarui orang lain untuk mencapai tinggkat yang kemanusia yang lebih tinggi. Dengan kata lain orang yang dewasa yang mampu membawa perserta didik kearah kedewasaan. Sedangkan secara akademis, pendidik adalah tenaga kependidikan yakni anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangat pada lembaga tertentu yang berkualitas, seperti pendidik, dosen, tutor, fasilitator, instruktur, dan sebutan lain yang sesuai dengan khususunya.
D.         Alat
Alat pendidikan adalah hal yang tidak membuat kondisi-kondisi yang memungkinkan terlaksananya pekerjaan mendidik, tetapi juga membantu mencapai tujuan pendidikan. Abu ahmadi membedakan alat pendidikan kedalam beberapa katagori:
1)      Alat pendidikan positif dan negatif, (mengerjakan sesuatu yang baik dan buruk)
2)      Alat pendidikan preventif dan korektif, preventif ialah alat untuk mencegah sesuatu yang tidak baik, dan korektif ialah alat untuk memperbaiki kesalahan (hukuman)
3)      Alat pendidikan yang menyenagkan dan tidak menyenangkan.

E.         Lingkungan / milieu
Lungkungan pendidikan adalah lingkunagnyang melingkupi terjadinya proses pendidikan. Meliputi lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
1)   Linkungan keluarga
Keluarga merupakan lingkungan yang pertama dan utama. Kerena keluarga memiliki pengaruh yang kuat terhadap perkembangan kepribadian anak yang berada ditengah-tengah kehidupan keluarga.
2)   Lingkungan sekolah
Sekolah adalah lembaga pendidikan yang secara resmi menyelenggarakan kegiatan pembelajaran secara sistematis, berencana, sengaja dan terarah.
3)   Lingkungan masyarakat
Masyarakat adalah sekumpulan manusia yang bertempat tinggal dalam suatu kawasan dan saling berintterasi dengan sesama untuk mencapai tujuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar